Wednesday, January 11, 2012

Bayi Bingung Puting

Terinspirasi dari seorang teman. Ia melahirkan di rumah bidan praktek swasta secara normal. Satu hal yang disayangkan, bayinya diberi susu formula (sufor), menggunakan dot pula. Bukankah sekarang digencarkan pemberian ASI eksklusif oleh tenaga kesehatan?? Saya jadi bingung dan sedikit kecewa. Eit, kok jadi OOT –out of topic begini. Hem kaitannya adalah si Ibu (teman saya itu) jadi menganggap bahwa penggunaan dot itu dianjurkan oleh tenkes  –tenaga kesehatan.

Cerita masih berlanjut. Saat pulang ke rumah, Ibu itu tetap memberikan ASI namun menggunakan dot. Sangat disayangkan.. Karena dengan pemberian ASIp (ASI perah) menggunakan dot, Ibu kehilangan dua hal penting, yaitu momen skin to skin contact dan juga keterikatan emosi yang lebih mendalam dengan bayinya, at least ya dia tetap menggendong bayinya, namun rasanya berbeda bila kita langsung menyusui bayi kita. Setelah sharing, si Ibu termotivasi untuk memberikan ASI secara langsung kepada si bayi. Namun yang terjadi, ibu sedih karena bayinya tidak mau menghisap dengan kuat ke payudara Ibu tapi kalau diberi dot, si bayi minum dengan lahapnya.

Ini dia yang dinamakan bingung puting. Bayi bingung manakah sumber kehidupannya (:sumber makanannya), karena terbiasa diberikan dot sejak lahir, dan bayi sudah “merasa” bahwa si dot inilah yang membuatnya kenyang, jadi saat disodorkan payudara Ibu, bayi enggan untuk menghisap dan terus-menerus menangis minta mimi (:dot).

Kalau hal ini terjadi pada Mommy, jangan khawatir, belum terlambat untuk memberikan ASI secara langsung. Satu hal pertama yang harus benar-benar dicamkan, YAKINI oleh Mommy bahwa :SAYA BISA! Beri sugesti positif pada diri sendiri untuk menyusui bayi secara langsung. Hal ini pun harus didukung oleh lingkungan, terutama suami. Ajaklah suami diskusi, dan minta dukungan 100%. Bila Mommy masih tinggal di PIM (Pondok Indah Mama/Mertua), berikan juga penjelasan kepada mereka. Tak mudah memang, tapi bukan berati tak bisa kan? Kalau boleh saya list, hal-hal selanjutnya adalah :
  • ·         Latih posisi menyusui yang paling nyaman untuk Mommies.
  • ·         Lakukan breastcare / pijat payudara secara teratur. (Next notes akan dibahas,insyaAllah)
  • ·         Simpan dot dalam kardus, kardusnya simpan di gudang, gudangnya dikunci. He J Maksudnya supaya kita tidak tergoda untuk memberikan dot.
  • ·         Bersabar J Karena, bayi pasti memerlukan waktu adaptasi untuk bisa menyusui secara langsung. Bila menangis terus-menerus, lama kelamaan bayi akan tahu bahwa ini dia sumber makanannya (:Payudara ibu).
  • ·         Ikuti milis/grup pendukung ASI. Sekarang ini sudah banyak sekali yang menggunaka media online, sehingga Mommies dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.
  • ·         Kalau benar-benar bingung, segera temui konsultan laktasi yang dapat ditemui di banyak RS swasta.


Ciaoo! Happy breastfeeding. Give the best for our Lovely Child ^^
 Sipowshe'spow

No comments:

Post a Comment